Friday, August 29, 2008

awal - akhir

kemaren, tengah malam. seperti biasa gak bisa tidur. iseng2 ngecek imel. terbaca dari seorang teman memberi tahukan rekan semasa smp n sma meninggal dunia. mencoba mengingat-ingat. yang mana ya orangnya. arrgghh.. tetep gak inget. semakin bebal nih otak. bicara tentang kematian. banyak yang menghindarinya. banyak yang takut. meski tak sedikit pula yang menyongsong. akhir dari kehidupan ini katanya.

drdrdrd.. u've got mail...

kubuka smsnya. "alhamdulillah udah lahir. cewek". dari seorang rekan. istrinya baru aja melahirkan. Hmmpphh... kelahiran. apakah ini awal kehidupan?

kematian. kelahiran. apa yang membedakannya?kata orang sih karena ada dan tiadanya ruhlah yang membedakannya. ruh?kalo kata oxford dictionary sama aja kayak spirit. spirit = ruh = semangat. hmmpphh.. bisa juga sih. ketika gak ada semangat. maka matilah dia. terlintas bayangan wajah di kaca jendela. gak ada cahaya di mata ini. sorotnya kelu. mungkin inilah yang membuatku mati selama ini. saatnya terbangun. saatnya terlahir kembali.

tadi habis jum'atan, ada ribut2 di depan kostan. ternyata ada yang meninggal. kejadian yang biasa sih sebenarnya. karena tempat itu adalah praktik bidan. ada kelahiran dan kematian disana. tapi biasanya tak seramai ini. ternyata ada calon ibu yang meninggal. dan calon anaknya pun ikut meninggal. katanya beliau punya asma. dan kehabisan napas saat melahirkan dan belum sempat anaknya terlahir. begitu ironis. kutarik sarungku. kubantu mengangkat jenazahnya. biar selalu teringat akan mati. biar selalu bersyukur dan semangat tuk berbuat yang lebih baik.

wassalam,
.thedalang

waktu
penanda awal
penanda akhir
kalau hanya penanda
kenapa bisa membunuhku?

No comments: